Sekolah Tanggap Bencana

Pada beberapa bulan lalu saya sempat disibukkan dengan sebuah kegiatan inspiratif yang melibatkan warga desa dari suatu daerah di Bantul. Kegiatan ini adalah Program Kreatifitas Mahasiswa : Sekolah Tanggap Bencana, Sebuah Pelatihan Mandiri Bantuan Hidup Dasar Karang Taruna dan Pembuatan Posko Tanggap Bencana.



Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dari PMI Bantul, Karang Taruna Kecamatan Kasihan, dan Tim PKM-M UGM yang beranggotakan Yessi Primanda, Lusy Febriyanti, Syifa Salma, Danang Setia Budi, dan Muh Darus Salam.

Pada awalnya, tujuan saya mengikuti kegiatan ini adalah lomba. PKM adalah sesuatu yang dilombakan, berupa proposal yang kemudian akan mendapatkan dana untuk melaksanakan kegiatan dan dari kegiatan itulah akan ditentukan siapa yang layak untuk beradu presentasi di tingkat nasional. Saya memberanikan diri untuk menerima tawaran salah seorang kakak yang namanya tercantum di atas. Siapa sih yang tidak berminat mengukir namanya pada selembar sertifikat tanda prestasi?

Dalam proposal, dicantumkanlah latar belakang, tujuan, manfaat, dan segala bentuk lainnya yang menurut saya waktu itu hanyalah teori yang akan meloloskan kami dari segumpal pertanyaan juri, sederetan checklist penilai. Namun dengan seiringnya waktu, alangkah buruknya jika saya hanya menginginkan prestasi yang pada akhirnya hanya berujung pada sebuah kebanggan. Itukah yang saya cari?

Saya menyadari betapa menariknya kegiatan ini. Dengan latar belakang karena wilayah Bantul merupakan wilayah dengan potensi gempa bumi yang cukup besar dan terjadinya gempa pada tahun-tahun sebelumnya yang memakan banyak korban jiwa, serta dengan tujuan untuk melestarikan kehidupan manusia, mengurangi jumlah korban saat terjadi bencana walau tanpa menginginkan bencana itu terjadi sama sekali, kegiatan ini membuat saya tertarik. Saya dapat mengambil banyak sekali pelajaran dari kegiatan ini.

Pada awalnya hal yang kami (tim UGM) kerjakan adalah koordinasi dengan Karang Taruna setempat dan PMI Bantul. Kami hanya mengambil beberapa dari Karang Taruna karena keterbatasan biaya yang ada. Proposal kami untuk mengadakan kegiatan ini dengan total 10juta, namun apalah daya dana yang dapat kami terima hanya 5juta.

Setelah koordinasi, hal kedua yang kami lakukan adalah melaksanakan kegiatannya. Kegiatan kami, layaknya sekolah atau pelatihan lainnya, kami memberikan materi berupa teori yang kemudian di akhir kami tutup dengan praktek, simulasi bencana. Pengisi materi ini berasal dari PMI Bantul. Untuk simulasi, kami menggunakan alat-alat minim yang kami siapkan sebelumnya karena diharapkan agar saat terjadi bencana nanti mereka dapat menggunakan alat apapun yang ada untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa.

Perlu diketahui bahwa kami mengadakan pretes sebelum pemberian materi dan postes setelah materi diberikan. Dan dari hasil pretes dan postes tersebut, diketahui kenaikan yang cukup baik dalam penguasaan materi.

Kegiatan ini berlangsung pada bulan Maret dan Mei 2011. Kegiatan ini bertempat di Kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul.

Beberapa hal yang saya sorot tentang pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa sebenarnya Karang Taruna di daerah desa sangat baik, baik dari segi koordinasi, struktur kepengurusan. Selain itu, bahwasanya warga desa ini sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan semacam ini, hal ini dikarenakan mereka menyadari betapa pentingnya ilmu yang akan didapatkan, walau kami hanya menyediakan snak dan makan seadanya dan segala keterbatasan dalam pelaksanaan. Saya tidak pernah membayangkan apabila antusiasme semacam ini lahir di kota. Kepedulian mereka akan lingkungan, kepedulian mereka akan penerusnya menjadi sebuah ilmu penting yang saya dapatkan dari kegiatan ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Desa-Kota saling melengkapi. Kota membagi teknologi, desa membagi inspirasi πŸ™‚

Iklan

8 Komentar

Filed under Cerita dari Danang, Kedokteran

8 responses to “Sekolah Tanggap Bencana

  1. wah, saya udah nulis komentar panjang-panjang gak masuk yah..
    Intinya sukses selalu Mas Danang, salut baca sepak terjang Mas Danang. Inspiratif !

  2. EIS MASITAH

    apakah pkmnya lolos didanai dikti….?balasanya sehgera ya..:)

  3. syifa

    semoga bermanfaat πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s