Health Care System (in Indonesia)

Konsep Health System
Suatu sistem kesehatan mencakup segala elemen dan faktor yang mempengaruhi kesehatan, memiliki sebuah tujuan jelas yakni meningkatkan taraf kesehatan populasi, menjadi sebuah pelayanan akan harapan masyarakat, dan memberikan proteksi. Konsep menurut WHO ini ditandadi dengan 4 kunci yakni stewardship, provision, resources generation, dan financing.

Historical Stage
Sistem kesehatan berkembang dari masa ke masa, termasuk health care system di Indonesia. Perkembangan sistem kesehatan di Indonesia dapat di-cut dalam 4 periode besar, yakni Colonial Period, Independence and Orde Lama, Orde Baru, and Decentralized era.
Pada Masa Kolonial, Pemerintah Belanda tidak menjamin atau melaksanakan pelayanan kesehatan berbasis kemasyarakatan yang menjamin setiap penduduk memiliki status kesehatan yang baik. Pelayanan kesehatan difokuskan kepada pemerintah, pegawai perusahaan besar, dan militer. Rumah sakit militer dan pelayanan kesehatan bekerja dengan coverage yang terbatas.
Pada masa Orde Lama, fokus pemerintah adalah peningkatan ekonomi. Kala itu belum terbentuk kebijakan kesehatan nasional yang jelas. Sempat dijalankan program pelayanan kesehatan untuk keluarga miskin, tapi pada pelaksanaannya kurang merata, kurang memuaskan masyarakat. Asuransi tidak mencakup seluruh masyarakat.
Pada masa Orde Baru, Ekonomi telah meningkat. Sektor privat berkembang dengan cepat, termasuk pengelolaan rumah sakit. Tapi, masih belum ada regulasi yang jelas yang mengatur mengenai health market. Pada tahun 1997, terjadi krisisi moneter yang juga kemudian berimbas pada kesehatan.
Era reformasi, terjadi desentralisasi, yakni pemindahan kekuasaan pusat ke daerah. Tercipta banyak sekali kebijakan mengenai kesehatan. Asuransi digalakkan dengan cakupan menyeluruh, hanya beberapa yang tidak terkover karena masalah pendataan dan ketidaksadaran masyarakat.
Perkembangan sistem kesehatan Indonesia meningkat dari masa ke masa. Sistem kesehatan Indonesia mengacu pada sistem kesehatan Amerika, dan pelayanan kesehatan khususnya Rumah Sakit beroperasi di dalam ideologi pasar (ekonomi). Dokter bekerja dipengaruhi dengan prinsip “demand and supply”.

Cakupan Sektor Kesehatan di Indonesia
Sektor Kesehatan mencakup beberapa hal berikut.
1. Formal Health Care
2. Promosi dan Proteksi Kesehatan (Health Promotion and Protection)
3. Prevensi
4. Keselamatan Lalu Lintas
5. Rokok (berkaitan dengan pajak)
6. Kesehatan Lingkungan

Elemen Health Care System di Indonesia
1. Stewardship
Stewardship merupakan sebuah peranan yang memberi jaminan. Jaminan ini membutuhkan kesadaran masyarakat, karena stewardship ini hanya menjamin. Ketika masyarakat tidak mampu, maka jaminan ini akan membantu. Stewardship dalam pemerintahan merupakan peran spesifik pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten dalam beberapa hal berikut.
a. Membuat aturan
b. Membuat kebijakan
c. Memonitor kebijakan
d. Memberikan bantuan kepada yang memerlukan bantuan
e. Desentralisasi kebijakan

2. Finance
Pembiayaan kesehatan di Indonesia dapat bersumber dari
a. Out of Pocket (dana pribadi)
b. Revenue (Subsidi pemerintah)
c. Cost of Product
d. Income (insentive untuk tenaga kesehatan)

3. Provision
Hal ini berkaitan dengan Rumah Sakit, Community Health Center, dan Human Resources. Penekanan tentang hal ini adalah mengenai pemerataan pelayanan kesehatan yang dinilai kurang merata ke seluruh daerah.

4. Human Resources Management
Berkaitan dengan nomor 3 di atas, pemerataan sumber daya manusia juga dinilai belum merata. Beberapa dokter maupun spesialis memilih bekerja di perkotaan. Beberapa daerah kekurangan sedangkan kota mengalami flood of doctor.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kedokteran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s