Make it Simple!

Baru akhir-akhir ini saya menikmati twitter sebagai pengantar pesan antar pemuda yang saling menginspirasi, melalui quotes dari mereka sendiri ataupun dari orang lain.

Twitter. Kita bebas menulis apa saja di sana, tentu dengan batasan yang muncul dari aturan main setiap orang. Tidak ada standar aturan bermain twitter.
Yang ingin saya sampaikan adalah bukan mengenai hukum di twitter atau apapun, tapi topik yang saya angkat kali ini adalah “Simple”. Kenapa saya hubungkan dengan twitter? Twitter hanya menyediakan 140 karakter untuk menyampaikan informasi ataupun motivasi kepada orang lain. Hanya 140 karakter.



Kenapa harus simple?

Penyampaian yang simple akan membuat orang relatif tidak berpikir panjang daripada yg rumit dengan arti dan tujuan yang sama.
Bandingkan dua kasus di bawah ini.

A : “Eh aku boleh minta tolong ga? Di belakang ada cewek-cewek, mereka sedang membuat dragbar. Dan ini sudah jam 11.45, sebentar lagi sholat Jumat. Nanti mereka mengganggu khotbah Jumat kalau mereka masih membuat dragbar.”

B : “Eh, tolong bilangin ke cewek-cewek buat menunda pembuatan dragbarnya jadi setelah sholat Jumat!”

Mana yang lebih efisien? Mana yang lebih efektif?

Berikut ada pula contoh dalam bentuk soal dan jawaban matematika. Satu soal, dapat dijawab dengan 3 cara yang berbeda dengan hasil yang sama.

Tentukan banyaknya cara mengambil 3 bilangan dari himpunan {1,2,3,…,10} dengan syarat tidak ada yang berurutan.

Dan berikut adalah tiga cara untuk menemukan solusi dari permasalahan di atas.
Cara Panjang
Cara Sedang
Cara Singkat

Manakah yang lebih menyenangkan? Saya pribadi akan memilih Cara Singkat. Kenapa? Karena menurut saya, cara singkat tampak lebih elegan. Selain itu, cara singkat ini terkesan pas, tidak berlebihan.

Di luar ke-elegan-an dari simple itu sendiri, kadang, sesuatu yang simple itu dipandang kurang bermakna. Misal, tidak menggunakan satu tas plastik kecil. Namun, jika sesuatu yang simple ini dilakukan oleh banyak orang, maka efeknya aka menjadi luar biasa.

Mari perbaiki dunia dimulai dari hal-hal tersimple di sekitar kita! 🙂

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s