Waduh !!! Besok gue ujian!

“Waduh !!! Besok gue ujian!”
Sebuah ekspresi yang tidak jarang kita dengar bahkan kita ucapkan sendiri, ketika kita akan menghadapi ujian.
Ujian dinyatakan sebagai sesuatu yang ditakuti, atau menjadi pusat perhatian. Bagaimana tidak, ujian menentukan dianggap berhasil atau tidaknya proses pembelajaran yang telah dilalui, yang akan diindikasikan melalui nilai.

Angka, atau range angka yang kemudian dinyatakan dengan huruf, merupakan sesuatu yang pasti, realistis, dan dalam kemayoran pemikiran disimpulkan merupakan sesuatu yang objektif, sesuatu yang real dan mutlak kebenaannya. Angka-angka itulah yang kemudian menghantui para pembelajar ini untuk turut aktif membaca, mencari tahu apa yang akan keluar di ujian, dan bagaimana pola soal ujian sebelumnya yang mereka asumsikan dapat mereka induksi dengan prinsip matematika sehingga mereka dapat memprediksi soal apa yang akan muncul dalam ujiannya.

Sebuah angka-angka yang muncul dalam sebuah ketidakobjektifan yang pada akhirnya dinilai sebagai sesuatu yang objektif, merupakan pemicu. Pemicu bagi pembelajar, untuk mendapatkan angka yang paling besar, bagaimana pun caranya. Range atau rentang cara bagi setiap orang berbeda. Ada yang dengan belajar dengan intensitas sedang hingga melanggar hak jasadnya untuk istirahat, ada pula yang rela melanggar hak jiwanya untuk tenang karena perbuatannya, seperti mencontek dan lain sebagainya.

Pendidikan yang seperti ini, kemudian diibaratkan sebuah pendidikan yang mencaritahu “siapa yang paling beruntung dalam blok ini?” atau “siapa yang sudah siap dengan nilai bagus kali ini?”. Dan, bukan lagi merupakan pendidikan dengan tujuan “Apa yang saya dapat hari ini?” atau “Lalu, korelasi ilmu dengan realita yang saya dapat hari ini apa?”.

Saya tidak bisa menyalahkan sistem, karena sistem ini telah dianggap efektif oleh para ahli sedemikian sehingga ini masih dipakai hingga kini. Oleh karenanya, sebagai calon pejuang bangsa di setiap bidang ahli, ubahlah pola pikir atas pembelajaran yang kita lakukan! Belajarlah atas dasar ilmu dan manfaat! Lupakan nilai, dan biarkanlah itu merupakan sebuah implikasi dari kemampuan belajar kita dan korelasi yang dapat kita ciptakan antara ilmu dan realita! 😉

*Mohon constructive feedbacknya untuk perbaikan! Thx 🙂

Iklan

1 Komentar

Filed under Pendidikan

One response to “Waduh !!! Besok gue ujian!

  1. ujian itu untuk belajar

    bukan belajar untuk ujian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s