Kabupaten Pati – Sejak Kapan Aku di Jawa Timur?

Banyak, tidak sedikit, pasti dari penduduk Indonesia tidak tahu di mana itu Pati. Bahkan, ketika tanpa konteks disebut kata “Pati” timbul kecenderungan seseorang untuk berkata “Apa itu Pati?” atau dengan gaya bahasa lain, “Eh, Pati? Maksudnya?”

Marilah kita tengok, sekilas tentang Pati.

Selamat Datang

Beberapa orang, menyebut Pati merupakan bagian dari Jawa Timur. Jangan salah! Pati, terletak di Jawa Tengah. Iya. Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Rembang di sisi timur, Kabupaten Blora dan Grobogan di sebelah Selatan, serta Kabupaten Kudus dan Jepara di bagian barat.

Mungkin, beberapa orang yang menyebut Pati di Jawa Timur karena Pati merupakan salah satu kabupaten yang dilalui jalur pantura yang menghubungkan Semarang ke Jawa Timur, Surabaya khususnya.

Pati, terdiri dari 21 kecamatan dan salah satunya adalah Juwana. Benar! Juwana. Juwana sangat terkenal karena banyak karya terlahir di sana selain memang karena Juwana merupakan pelabuhan, seperti bandeng presto, olahan bandeng, kuningan, batik bakaran. Bahkan, terkadang orang menyebut bahwa Pati itu terletak di Juwana karena prestasi dari warga Juwana yang mulai digemari banyak masyarakat.

Batik Bakaran Juwana

Di Kabupaten Pati ini terdapat dua pabrik kacang yang cukup besar, yakni Garuda dan Kacang Dua Kelinci. Kedua kacang ini telah diterima di hati sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri, yakni di China, Eropa, dan sebagainya.

Dengan slogannya, Pati Bumi Mina Tani, yang berarti sebuah ekspektasi atau harapan bahwa Pati akan menjadi daerah pusat perikanan dan pertanian, kabupaten ini juga terkenal sebagai daerah yang mistis. Beberapa kepercayaan yakin bahwa di Pati terdapat beberapa ‘orang pinter’ yang terlahir di daerah ini. Selain itu, terdapat banyak sekali tempat bersemedi, tempat memanjatkan doa –entah kepada siapa doa itu diserukan– . Bahkan dari hasil statistika menunjukkan bahwa, jumlah pengunjung objek wisata alam terbanyak di Pati adalah seperduapuluhdua dari jumlah pengunjung objek wisata religinya.

Walaupun demikian, Kabupaten Pati memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa. Banyak peluang yang dapat diciptakan di sana, melihat beberapa fakta tentang Pati, yakni letaknya yang strategis (antara Semarang dan Surabaya), dekat dengan pegunungan dan lautan, beberapa daerah masih asri dan merupakan kebun yang sangat luas, serta belum bermunculannya banyak pesaing pasar.

Mari, cintai Pati dimulai dari mengenalinya! 😉

Iklan

7 Komentar

Filed under Cerita dari Danang, Wisata dan Budaya

7 responses to “Kabupaten Pati – Sejak Kapan Aku di Jawa Timur?

  1. mey khumaera"

    semangat..
    setuju banget mas danang,,,
    ayoo…cintai Pati,,

  2. akbar el hamed

    I love Pati and i will always proud of with pati…

  3. abc

    orang PATI habis nge hack fb gue. sialan!

  4. Pudji santoso

    Pati Kota kecil yg sangat ngangeni

  5. erna

    pati, kota kelahiran dan masakecil………….tapi sekarang aq dah jarang ke kota ini . kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s