Hadapilah! Dan Kau Menang :)

Kacau oh kacau. Bayangkan, saya memenangkan perlombaan karena soal salah. Beginilah ceritanya…
Kala waktu itu, saya sedang duduk di bangku kelas X di SMA Taruna Nusantara. Saya diajak untuk mengikuti lomba matematika-fisika berkelompok. Kebetulan, saya mendapat kelompok dengan anggota 1 kelas XI dan 1 kelas XII. Mereka berdua jago fisika, oleh karenanya dibagilah tugas dan saya mendapatkan materi matematika, dan mereka berdua berkewajiban menghabiskan soal fisika.
Oke, saya sendiri. Menggauli matematika kelas X, XI, dan XII serta materi olimpiade.
Di babak penyisihan, kelompok kami adalah kelompok yang mendapat peringkat pertama, sehingga kami berhak masuk ke babak final.
Di babak final, pada semua sesi sebelum terakhir, kami memimpin dengan nilai yang agak berhimpit dengan kelompok dengan peringkat kedua. Sesi terakhir, matematika. Presentasi matematika tepatnya.
Dibagikan soal, dan…ternyata tiap kelompok mendapat soal yang berbeda. (aneh ya)
Soal saya adalah….

saya pandangi soal. susah. susah. susah. Ini diophantine equation atau apalah itu. Saya belum belajar ini. Saya galau. Dan akhirnya, selama 25 menit saya hanya memandang dan memegang pensil dengan tangan kanan. Hanya itu. Jikalau ada lagi yang bekerja, itu hanya kelenjar keringat saya yang selalu mengucurkan tetesan keringat dari tubuh saya. Abang abang tercinta hanya menyemangati, karena ini adalah ‘hak’ saya. Oke waktu tinggal 5 menit dan saya baru mulai menulis. Hebatnya, saya langsung menulis di Kertas Presentasi, tanpa coret coret terlebih dahulu. Wuidih… Semangat nang!
dan tahukah kalian, apa jawaban saya? ini dia!

Dan….kami mendapat nilai sempurna. Tentu, kami menang karenanya 😉

Pesan: Janganlah dirimu takut akan apa yang ada dihadapanmu, hadapilah!

4 Komentar

Filed under Cerita dari Danang, Matematika, Pendidikan

4 responses to “Hadapilah! Dan Kau Menang :)

  1. yova

    lho kok bisa?
    katanya x,y,z kan bilangannya harus beda,.,

    ????????
    >_<

  2. wah, seru juga pengalamannya, yang bikin soalnya keren juga

  3. tahukah kamu nang kalo AKU JUGA IKUT LOMBA ITU sampai semifinal, modal nekat diajakin sama mas Evan, dan you know lah, nggak tembus final kayak kelompok kalian haha

Tinggalkan Balasan

