Hore, CV gue nambah lagi

Maafkan saya, yang tidak produktif menulis selama bulan Juli. Sebenarnya pada bulan Juli tersebut saya terlalu disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang saya susun, berhubung bulan Juli ini saya tidak banyak melakukan kegiatan akademis.
Pada 4 Juli, saya diajak oleh teman-teman ikut Festival IYC di Jakarta. Di sana saya bertemu dengan Aditya Mulya Pratama, Guinandra Luthfan Jatikusumo, M. Rifky Wicaksana, Palmira Vidya, Eva Yuli Andari, Samia Safa, dan beberapa orang lainnya. Saya tidak menyesal jauh-jauh berkunjung ke Jakarta, karena saya mendapat banyak insipirasi dari mereka.
Di dalam Festival IYC ini, saya mengikuti lima sesi, yakni pendidikan dimana Bapak Arief Rachman berbicara dan memberi kami ilmu; korupsi, dengan info-info menarik yang disajikan oleh ICW; kependudukan global, yang dibawakan oleh Global Citizen Corps; Sudut Pembaharu yang menghadirkan empat pemuda spesial dan salah satunya adalah Guinandra Luthfan; dan terakhir adalah kewirausahaan yang membangun jiwa kami untuk selalu mengembangkan jiwa usaha.

Pada minggu kedua, saya mempersiapkan diri untuk mengikuti final duta wisata. Persiapan yang saya lakukan pada umumnya berkaitan dengan persiapan mental dan pembekala diri dengan ilmu-ilmu yang menurut saya, dibutuhkan.
Kami, keduapuluh finalis Duta Wisata Kabupaten Pati 2010 dibekali dengan pembekalan oleh Bapak Bupati Pati yang kemudian dilanjutkan dengan wisata budaya dan alam di daerah ex Pendopo Pati di Desa Kemiri dan di Waduk Gunung Rowo. Pada hari selanjutnya, kami diajak berwisata industri di Pabrik Dua Kelinci yang menghadirkan nuansa pabrik kacang termegah se Indonesia. Setiap saat saya belajar, belajar, dan belajar. Saya amati sekitar saya, saya amati apa yang dibicarakan, dan saya amati pandangan saya terhadap ilmu-ilmu yang saya dapatkan.

16 Juli 2010 adalah malam yang akan susah saya lupakan. Ini adalah malam Grand Final Duta Wisata Kabupaten Pati 2010. Pada sesi pertama, keduapuluh finalis diperkenankan jalan dengan menggunakan busana nasional. Sesi kedua, para finalis dengan busana adat Pati menjawab pertanyaan. Dan sesi ketiga, penutupan dan penentuan juara.
Pada sesi pertama, saya menggunakan pakaian nasional berwarna hitam, dengan sedikit hiasan di pinggir yang memberi kesan megah. Dengan jarik yang menyusahkan kaki saya melangkah, saya berusaha menampilkan cara jalan terbaik yang saya bisa.

Sesi kedua, saya menggunakan pakaian adat Pati. Kala itu saya mendapat pertanyaan mengenai kontroversi adat yang fanatik. Saya berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan. Sebelumnya, sang pembawa acara berusaha mencairkan ketegangan saya dengan memberi saya pertanyaan, “Apakah kamu yakin menang malam ini? Kalau iya, mengapa Anda yakin?” Dengan sedikit berpikir, saya menjawab, “Karena saya mencintai dan dicintai semua orang yang ada di sini, terimakasih.”

Setelah sesi pertanyaan, juri berbincang untuk menentukan siapa yang menjadi juara selama pemilihan ini. Dibacakanlah satu satu. Hingga pada saatnya, ada 2 nama putri dan 2 nama putra yang belum disebut, yakni Ratna Widyastuti dan Yohana Setyaning Sejati serta Danang Setia Budi (saya) dan Addo Dhia Permana. Pertama diumumkan untuk sang juara Putri, dan Mbak Ratna lah yang terpilih sebagai Mbak Duta Wisata Pati 2010, dan Yohana sebagai juara 2. Sedangkan untuk putra, saya terpilih sebagai Mas Duta Wisata Pati 2010, dan Addo sebagai juara 2. Saya sangat bangga dan wow amazing.

Acara malam final Duta Wisata Pati 2010 ini berakhir pada pukul 00.28. Saya bergegas pulang ke rumah dan mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju Magelang untuk menghadiri acara Reuni Akbar 20 tahun SMA Taruna Nusantara. Selama 2 hari saya di Magelang, yakni 17 dan 18 Juli.
Pada tanggal 20 Juli, saya menuju Salatiga untuk membantu tim Olimpiade Matematika Jawa Tengah agar berhasil di tingkat Nasional. Saya bersama Febi Sanjaya, selama 10 hari membina tim ini.
Demikianlah kesibukan saya di Bulan Juli, semoga menginspirasi banyak pihak. 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Cerita dari Danang

Tinggalkan Balasan

