Atmosphere ! Karya dan Baktimu Dinanti !

Atmosphere adalah bagian dari keluarga besar SMA Taruna Nusantara yang dididik menjadi kader pemimpin bangsa di sebuah lembaga pendidikan yang sedikit mengadopsi kegiatan militer sebagai bahan pelatihan kedisiplinannya pada tahun 2007-2010. Angkatan delapan belas ( TN XVIII ) menyebut diri mereka sebagai Atmosphere sebagai implikasi sekaligus doa ke dapan agar mereka benar-benar mampu mengabdikan diri kepada kemajuan bangsa dan negara secara menyeluruh.

Ketua Angkatan

Tegar Aji Widiwardhana

Tegar Aji Widiwardhana

Adalah sosok pria yang tangguh, bernama Tegar Aji Widiwardhana, yang mengemban tugas berat, yakni sebagai pemimpin di antara calon pemimpin lainnya. Terpilihnya Tegar sebagai ketua angkatan adalah sebagai gambaran demokrasi yang menggunakan landasan pemikiran yang jauh ke depan, karena dalam kenyataannya Tegar adalah sosok yang sabar dalam mengemban tugas, tegas, dan fleksibel.
Tegar terkadang kesulitan dalam menangani masalah-masalah yang muncul, namun ketika itu pula ada support-support memotivasi dan ide-ide untuk menyelesaikan masalah-masalah dari teman-teman Tegar, beberapa di antaranya adalah Guinandra Luthfan Jatikusumo, Ayunda Sabriani Tyara, Egistya Pranda, Tria Oktaviani, dan M Wakhid Pramujati.

Kehidupan Atmosphere

Rute Panglima Sudirman

Rute Panglima Sudirman

Atmosphere hidup dalam kehidupan yang disiplin, dengan bimbingan dari pamong SMA Taruna Nusantara. Kehidupan disiplin ini dimulai sejak saat casis (calon siswa), dengan mengharuskan bermalam di graha selama 7 hari untuk mengikuti tes kesehatan dan wawancara tanpa alat komunikasi, sehingga beberapa di antara mereka merasa terisolasi.
Lalu, setelah dinobatkan sebagai siswa SMA Taruna Nusantara, mereka wajib mengikuti kegiatan PDK atau Pendidikan Dasar Kedisiplinan selama 3 bulan yang diawali kegiatan MOS selama seminggu. Adalah panped (panitia PDK) yang disetting mendidik yang merupakan siswa SMA Taruna Nusantara kelas XI dan XII. Mereka ditugaskan untuk membentuk para siswa baru ini, baik mental maupun fisik, agar mampu menempuh ‘keras’nya hidup di SMA Taruna Nusantara selama 3 tahun. Kegiatan yang dilakukan mereka adalah mengawasi secara tegas, dan mengayomi secara lembut.
Karya Wisata Kelas X

Karya Wisata Kelas X


Setelah sukses menyelesaikan PDK, Atmosphere kemudian harus menyesuaikan diri tanpa ayoman dan awasan dari panped. Mereka mampu menyesuaikan diri hingga pada akhirnya mereka menjadi siswa kelas XI.
Ketika menduduki kelas XI, Atmosphere beberapa kali memunculkan masalah, namun inilah pendewasaan. Tiada pendewasaan yang tanpa memunculkan masalah, karena dengan munculnya masalah, manusia akan mengetahui mana yang buruk dan mana yang benar, dan kemudian mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Kelas XI ini juga ajangnya prestasi dimulai. Banyak penghargaan yang didapat Atmosphere.
Kelas XII pun juga dialami Atmosphere. Dalam keadaan ini, Atmosphere harus menjadi sosok abang dan kakak yang bijak bagi adek-adeknya angkatan XIX dan XX. Beberapa kesalahan dan pengalaman dijadikan bahan pijakan agar tidak terulang kembali. Beberapa prestasi masa lampau dibuatnya sebagai motivasi. Kelas XII ini, Atmosphere berjuang untuk masa depannya. Kala ini, usaha keras ditunjukkannya untuk mendapatkan nilai maksimal dalam Ujian Nasional dan seleksi perguruan tinggi dan seleksi Taruna.
Karya Wisata Kelas XI

Karya Wisata Kelas XI


Serangkaian kegiatan tiga tahun tersebut, termasuk juga Hulubalang, RPS (Rute Panglima Sudirman), PKT (Pilih Kesatria Tangkas), Pembaretan, Karya Wisata, LKPL (Latihan Kemasyarakatan Peduli Lingkungan), telah mewarnai kehidupan yang merupakan pembelajaran berharga bagi Atmosphere untuk menempuh hidup selanjutnya.
Pada 19 Juni 2010 nanti, proses pendidikan Atmosphere di SMA Taruna Nusantara ditutup. Akan banyak tawa mengiringi kepergian mereka yang merupakan langkah awal yang besar bagi perkembangan bangsa ini. Akan muncul pula tangis kesedihan sebagai bentuk implikasi dari berakhirnya kebersamaan mereka selama ini, walaupun tali silaturahmi akan selalu ada di hati yang terdalam.

Semoga Atmosphere akan selalu berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara!

Iklan

2 Komentar

Filed under Cerita dari Danang

2 responses to “Atmosphere ! Karya dan Baktimu Dinanti !

  1. Fajar

    Like this( soalnya ada fotoku) hahaha,

  2. iwan

    Wah, si jihad kok ga dsbut?? Well, lmayan menarik!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s