Pelajaran dari Desa melalui LKPL

Salah satu kegiatan terproyek di SMA Taruna Nusantara telah dilaksanakan pada pertengahan bulan April 2010. Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang mampu memberikan sedikit kesan buat desa yang ditempati, namun menjadi pembelajaran besar bagi siswa yang melaksanakan.
Dalam LKPL tahun 2010, desa Karang Ampel kabupaten Magelang menjadi tempat persinggahan siswa. Desa ini bukan desa yang sangat terbelakang, namun kebetulan desa ini membutuhkan sebuah pembangunan, yakni pembangunan jalan.

Selama LKPL ini, siswa menginap di rumah-rumah yang berdiri kokohnya dengan tembok bata yang merupakan rumah-rumah warga sekitar, yang kemudian disebut sebagai rumah induk semang. Tiap rumah induk semang diisi oleh 5 atau 4 siswa. Siswa tidak diperkenankan memilih rumah, melainkan mencari rumah yang akan mereka tempati berdasarkan petunjuk panitia karena rumah-rumah induk semang ini telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan pribadi dilakukan di rumah induk semang dengan mengasumsikan rumah induk semang sebagai rumah sendiri.

Pokok-pokok kegiatan yang harus dikerjakan siswa adalah:
1. Mampu menyesuaikan diri secepat mungkin dengan keadaan yang ada, mulai dari makanan, keadaan tempat singgah, dan budaya.
2. Melaksanakan pembangunan jalan, yakni pemasangan paving dan mengecor jalan.
3. Membersihkan selokan yang tertutup rapat dengan sampah.
4. Melakukan kegiatan PKK, yakni membagikan kudapan sehat berupa susu dan bubur serta kue-kue sehat lainnya, kegiatan pengecekan kesehatan gratis, pembagian sembako.
5. Mengadakan pasar murah, yakni menjual pakaian-pakaian dengan harga berkisar dari Rp1000,00 hingga Rp2000,00.
6. Memberikan motivasi belajar untuk para pelajar TK dan SD desa setempat dengan mendatangi TK dan SD, membagikan alat-alat tulis, dan pemberian motivasi belajar secara lisan.
7. Mengikuti pengajian dengan berbaur bersama warga desa sehingga menimbulkan ikatan emosional.
Kegiatan ini walau hanya dilaksanakan 3 hari, namun diharapkan berdampak bagi para siswa. Semoga pengalaman yang didapat mampu menjadi pelajaran untuk pendewasaan diri ke depan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s